Selamat Jalan Sinyo Aliandoe

Radio UNTAR – Rabu (18/11/2015)  Tau ga Sobat Muda, kalau Indonesia dulu hampir masuk Piala Dunia loh. Jadi, pada Piala Dunia 1986 Indonesia kalah di babak play off dari Korea Selatan. Padahal kalo bisa menang, Indonesia bisa main di Piala Dunia deh.

Pelatih yang mampu membawa Indonesia hampir masuk ke Piala Dunia adalah Sinyo Aliandoe. Sayangnya sosok itu kini telah tiada. Mantan pelatih timnas Indonesia Sinyo Aliandoe telah meninggal dunia. Ia menghembuskan napas terakhir di usia ke-75 di Rumah Sakit Mayapada, Puri Indah, Rabu 18 November.

Kematian Sinyo menjadi kabar duka bagi persepakbolaan Indonesia. Sejumlah pelatih mengaku kehilangan sosok Sinyo yang pada masa keemasannya memberikan banyak kontribusi untuk sepak bola di tanah air. Sinyo meninggal setelah dalam beberapa tahun terakhir kondisi kesehatannya terus mengalami penurunan.

Berbicara mengenai sosok Sinyo Aliande, namanya tak bisa dipisahkan dari kejayaan sepakbola di masa lalu, baik bersama klub maupun saat ia bertugas di tim nasional Indonesia. Dia adalah sosok pelatih revolusioner yang pertama meletakkan dasar sepakbola modern di Tanah Air.

Bersama Persija Jakarta, klub profesional pertamanya, Aliandoe mampu membawa Macan Kemayoran berjaya di kompetisi PSSI pada tahun 1964. Saat itu, Macan Kemayoran ia bawa merajai Divisi Utama dengan catatan tak terkalahkan.

Sementara itu, bersama tim nasional prestasi Sinyo tak kalah gemilang. Indonesia mampu ia bawa meraih gelar juara di beberapa turnamen bergengsi di Asia dan Asia Tenggara, seperti Aga Cup, Kings Cup Thailand dan juga Merdeka Games.

Sebagai pelatih, Sinyo dikenal sebagai pelatih muda yang brilian setelah sukses mengantarkan Persija Jakarta menjadi juara pada di tahun 1973 dan 1975. Sementara prestasi yang patut dibanggakan dari Sinyo saat melatih timnas Indonesia adalah saat membawa skuat Merah Putih memuncaki grup 3B kualifikasi Piala Dunia 1986. Sayang, mimpi Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 1986 kandas setelah kalah dengan agregat 1-6 dari Korea Selatan di babak selanjutnya.

Menurut kabar yang beredar, jenazah almarhum Sinyo Aliandoe akan disemayamkan di RS St Carolus, Salemba, siang ini.

(CM: sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *