Tips Hilangkan Kecanduan Kopi

Radio UNTAR-Jumat(17/07/2015) Kopi menjadi minuman favorit bagi sebagian orang di seluruh dunia termasuk juga bagi para Sobat Muda yang aktif menjalankan aktifitasnya seharian. Apalagi gerai-gerai minuman kopi semakin marak ditemukan pada setiap sudut jalanan ataupun pusat perbelanjaan di Ibukota. Namun, tidak ada yang salah dalam menikmati kopi saat Sobat Muda ingin menyegarkan diri ataupun menghilangkan rasa kantuk. Tapi, itu akan menjadi masalah ketika kamu kecanduan minuman berkafein ini. Sobat Muda tidak perlu menghindari kopi sama sekali, namun Sobat Muda perlu menjaga frekuensi saat mengonsumsinya agar tidak berlebihan.

Seperti yang dikutip dari metrotvnews.com, Kopi merupakan stimulan yang benar-benar baik. Akan tetapi saat Sobat Muda kecanduan, Sobat Muda bisa mengembangkan masalah risiko kesehatan seperti kecemasan, kegelisahan, sulit tidur, dan bahkan bisa merusak hati Sobat Muda. Karenanya, penting untuk mengurangi asupan kopi agar Sobat Muda tidak menjadi kecanduan dan berikut cara mengurangi kecanduan minum kopi.

 

1. Tahu dengan baik efek kafein
Sobat Muda perlu mendidik diri sendiri tentang efek samping dari kafein dan itu menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi kecanduan kopi. Kamu juga tahu bahwa kelebihan asupan kafein bisa berdampak buruk dalam jangka yang panjang untuk kesehatan. Sobat Muda juga perlu menuliskan alasan-alasan mengapa Sobat Muda perlu berhenti dari minuman berwarna hitam pekat ini.

 

2. Mengurangi secara bertahap
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Sobat Muda tidak dianjurkan untuk berhenti total dari konsumsi kopi karena itu tidak akan bekerja secara efektif. Sobat Muda harus melakukan pengurangan secara bertahap dan memberikan waktu untuk tubuh kamu agar menyesuaikan dengan perubahan. Detoks bertahap juga akan menjaga dari gejala keinginan untuk terus menerus meminum kopi secara minimum loh SobMud.

 

3. Cari alternatif lain
Sobat Muda bisa mencari sesuatu yang lebih berbeda dari kopi dengan mencoba untuk konsumsi minuman sehat lainnya, seperti jus buah atau jus sayuran. Ini secara perlahan akan membantu kamu untuk keluar dari kecanduan Sobat Muda akan kopi. Sobat Muda juga wajib minum banyak air. Selain itu, Sobat Muda perlu membawa makanan-makanan sehat agar tidak lagi mendambakan untuk meneguk secangkir kopi.

 

4. Kelola gejala ketagihan
Mirip dengan bagaimana orang berhenti minum alkohol, pecandu kopi pun akan mengalami rasa gelisah di mana selalu ingin minum kopi. Maka dari itu, jika Sobat Muda mengalami sakit kepala, Sobat Muda perlu mengambil beberapa obat pereda nyeri ringan dengan resep dokter, bukan malah minum kopi. Dengan seiringnya mencoba berbagai cara untuk mengurangi asupan kopi, Sobat Muda akan tahu bagaimana mengelola gejala ketagihan.

 

5. Tetap aktif
Ini merupakan salah satu cara yang sehat untuk mengurangi kecanduan kopi. Sobat Muda perlu terlibat dalam beberapa kegiatan yang menuntut banyak waktu dan konsentrasi merupakan cara yang efektif untuk mengurangi asupan kopi. Secara perlahan, aktivitas padat bisa membuat kecanduan terhadap minuman berkafein ini bisa hilang dalam waktu singkat.

 

6. Dukungan keluarga
Ini selalu menjadi pilihan yang lebih baik untuk melibatkan keluarga Sobat Muda dalam proses pemberhentian kecanduan akan kopi. Buatlah kerja tim dengan keluarga kamu untuk mengurangi pasokan kopi Sobat Muda. Selain itu, Sobat Muda juga perlu memberitahu teman-teman dan rekan-rekan tentang keputusan Sobat Muda untuk berhenti mengkonsumsi kafein.

Itu dia tips bagaimana caranya biar Sobat Muda tidak kecanduan kopi lagi. Percaya pada diri sendiri dan konsisten dengan pilihan Sobat Muda, maka kamu bisa terlepas dari candu kafein dalam kopi. Love yourself enough to live a healthy lifestyle 😀 (CG:sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *