Blog Post

News from us
17 August 2020

Yuk Lebih Produktif dengan Bullet Journal!

Keep Track of Books to Read in Your Bullet Journal | Bullet ...

 

Radio UNTAR – (17/08/20). Selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 Sobat Muda! Di hari kemerdekaan ini, Sobat Muda ngapain aja nih? Di rumah aja? Work from home? atau malah enggak ngapa-ngapain? Wah, daripada bingung mau ngapain, mending pakai waktunya buat melakukan hal yang lebih produktif dengan bikin Bullet Journal. Trend Bullet Journal atau Bujo udah menjadi sistem perencanaan yang sangat populer di seluruh dunia loh! Hanya dengan membuat perencanaan dengan buku dan alat tulis, kamu jadi bisa lebih produktif dan efisien dalam mengerjakan aktvitias sehari-hari baik untuk sekolah atau kerja. Bullet Journal juga dapat membantu Sobat Muda menjadi lebih kreatif dan meningkatkan kesehatan mental & pikiran, serta menjadi wadah untuk kamu menuangkan segala pikiran atau ide.

Berikut ini Radio UNTAR akan kasih tau kamu tutorial cara membuat perencanaan dengan Bullet Journal bagi pemula. Yuk, simak tips-nya Sobat Muda!

Membuat penanda atau icon yang mudah diingat

Seventeen/youtube

Pertama-tama, buatlah penanda atau icon yang bisa Sobat Muda gunakan untuk menandai kegiatan / aktivitasmu sehari-hari. Contohnya, yang biasa sering digunakan adalah bentuk kotak untuk tugas yang harus diselesaikan, bulat untuk acara dan segitiga untuk janji temu. Apabila sebuah tugas sudah selesai, Sobat Muda bisa mewarnai tanda tersebut sepenuhnya sebagai tanda bahwa tugas tersebut sudah selesai. Apabila ada acara / janji temu yang perlu diubah, Sobat Muda hanya perlu menambahkan tanda panah atau silang apabila batal. Agar tidak monoton/membosankan, Sobat Muda juga bisa menggunakan warna-warna yang berbeda untuk menggolongkan tugas dan aktivitas sebagai bagian dari sekolah, pekerjaan atau pribadi.

Jurnal tahunan

Seventeen/youtube

Kedua, buatlah kalender tahunan untuk perencanaan jangka panjang. Pada bagian ini, Sobat Muda bisa menulis rencana, kegiatan atau cita-cita yang ingin kamu raih selama satu tahun untuk gambaran besar. Hal ini dapat membuat kamu lebih produktif dan membantumu mencapai serta mengingat target hidup dalam jangka panjang loh!

Jurnal bulanan

Seventeen/youtube

Dalam jurnal bulanan, Sobat Muda bisa menulis kegiatan / acara-acara penting yang ada tanggal dan waktu yang spesifik. Contohnya, apabila ada janji temu dengan dokter, jadwal meeting, kelas penting atau sebuah tugas yang ada tenggat waktu. Dengan ini, Sobat Muda jadi bisa melihat lebih jelas aktivitasmu dalam satu bulan dan merencanakan hal-hal yang wajib dipersiapkan sebelum tenggat waktunya. Jurnal bulanan ini jadinya berguna untuk membantu Sobat Muda mengingat tugas atau kegiataan agar tidak lupa atau terlewatkan.

Jurnal mingguan

Seventeen/youtube

Lebih mengerucut lagi, jurnal mingguan bisa diisi dengan apa saja. Bukan hanya tugas yang ada tenggat waktu atau jadwal janji temu yang penting, Sobat Muda juga bisa menulis to-do-list atau kegiatan-kegiatan kecil yang ingin diselesaikan pada hari itu. Contohnya bersih-bersih, belanja, belajar, atau mengerjakan tugas. Pada akhir hari, Sobat Muda bisa mengevaluasi diri sendiri dan lebih mengapresiasi diri melihat seberapa banyak tugas dan pekerjaan yang sudah terselesaikan.

Habit tracker

Seventeen/youtube

Satu yang tidak kalah penting adalah halaman habit tracker. Pada bagian ini, Sobat Muda hanya perlu menuliskan tanggal pada bulan tersebut dan menulis kebiasaan-kebiasaan yang ingin kamu jadikan rutinitas. Contoh paling sederhana adalah olahraga, minum air sebanyak 8 gelas per hari, tidur selama 7 jam, membaca dan lain-lain. Habit tracker ini penting banget untuk mendorong produktivitas karena Sobat Muda jadi bisa melihat seberapa sering melakukan aktivitas tersebut dalam sebulan.

Halaman tambahan

Seventeen/youtube

Keuntungan dari Bujo adalah Sobat Muda bisa membuatnya sesuka hatimu. Selain dari metode-metode perencanaan di atas, Sobat Muda juga menambahkan daftar belanjaan, daftar film atau buku yang ingin kamu tonton, gambar-gambar, catatan atau kalimat-kalimat motivasi untuk meningkatkan produktivitas.

 

Secara singkat, Bullet Journal adalah sebuah agenda di mana Sobat Muda bisa menumpahkan segala rencana dan pikiran-pikiran ke dalam satu wadah. Dengan ini, Sobat Muda jadi tidak gampang lupa dan fokus dengan tujuan-tujuan jangka pendek maupun panjang. Selamat mencoba ya, Sobat Muda! (FM: sumber)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M