Blog Post

News from us
04 September 2020

Hobi Ini Bisa Bikin Stress Hilang Loh!

Radio UNTAR – (04/09/20). Selama pandemik pasti kita sering ngerasa bosan. Apalagi perkuliahan mulai berjalan kembali secara online.

Nah, Radio Untar punya tips buat Sobat Muda yang udah ngerasa suntuk banget dengan rutinitas di rumah. Yuk, Simak hobi produktif yang bisa bikin kamu happy!

1. Belajar fotografi

Salah satu alasan kenapa kamu harus mulai belajar fotografi adalah kamu bakal lebih mudah melihat dunia dari berbagai sudut pandang. Ini bukan hanya membuatmu belajar dari perspektif lain dari kehidupan, tapi juga membantumu melihat sesuatu secara menyeluruh dan nyata.

Dilansir Makeuseof, studi oleh American Psychological Association tahun 2016 menyebutkan bahwa memiliki hobi fotografi akan membuat mental lebih kuat.

2. Berkebun

Dilansir dari Preventive Medicine Reports tahun 2017, studi menyimpulkan bahwa berkebun dapat memberi pengaruh positif pada kesehatan. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan ini meningkatkan kesehatan fisik, psikologis, hingga sosial.

Artikel BBC yang berjudul ‘Gardening could be the hobby that helps you live to 100’ menyebutkan, berkebun dapat meningkatkan harapan hidup seseorang. Melalui berkebun, mood dan kreativitas akan meningkat seiring dengan latihan secara terus menerus.

Dengan menanam dan memanen tanaman atau sayur sendiri, kecemasan akan pemenuhan kebutuhan makanan akan mereda. Ketika seseorang tahu bahwa dirinya mampu menumbuhkan segalanya dari rumah, itu akan membuatnya merasa lebih baik dan bahagia. 

3. Menulis, menggambar, atau melukis

Dilansir The Guardian, psikolog yang menemukan ‘Bridget Jones Effect’ mengatakan bahwa orang yang mengelaborasikan perasaan ke dalam buku catatan, puisi, atau lirik lagu, membantunya mengeluarkan emosi negatif. Namun beberapa yang lain, justru menggunakan sarana menulis untuk bersenang-senang.

Selain melukis, menggambar atau melukis juga membantu individu mengeluarkan stres dan trauma. Dilansir dari Makeuseof, ‘art therapy’ yang ditemukan pada tahun 1942 merupakan salah satu media untuk membantu mengeluarkan kecemasan individu dalam mengekspresikan emosinya. 

4. Masak yang belum pernah dibuat

Memasak akan membuatmu melihat dunia dengan pengalaman baru, terlebih buat resep masakan yang belum pernah kamu coba. Eksplorasi makanan sehat dengan takaran yang pas dan sesuai gizi, akan membantumu memilah makanan yang dikonsumsi. Memasak juga membantumu melatih manajemen waktu lho!

Dilansir Huffington Post, memasak atau baking kue akan meningkatkan aspek kreatif dan mengeluarkan ide cemerlang selama masa sulit atau ketika kamu gak mampu mengungkapkan perasaan melalui kata-kata. Keren ya!

5. Yoga

Menurut Harvard Health Publishing, yoga bukan hanya sekadar hobi, melainkan kegiatan yang memiliki banyak manfaat tersembunyi. Dengan mengaplikasikan yoga, kamu akan merasa lebih puas dengan bentuk tubuh. Untuk kesehatan, yoga mampu mengurangi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol, hingga membantu menerapkan meaningful saat makan. 

Sementara untuk kesehatan mental, yoga juga berpengaruh pada pasien depresi. Dilansir Healthline, penelitian menunjukkan bahwa yoga bisa jadi antidepresan yang mengurangisimpton atau gejala depresi. Ini karena yoga mampu mengurangi tingkat kortisol, yaitu hormon yang mempengaruhi tingkat serotonin, di mana diasosiasikan dengan depresi. 

Itu semua hobi yang bisa bikin kamu jadi lebih bahagia. Semoga setelah melakukan hobi tersebut, Sobat Muda bisa lebih produktif melakukan aktivitas lainnya. (LB: SUMBER)

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M