Blog Post

News from us
18 July 2019

Uji Nyalimu di 0.0MHz

Radio UNTAR – Kamis (18/07/19). Pernahkan kamu berpikir bahwa makhluk halus dapat dipanggil melalui frekuensi gelombang otak? Ternyata hal tersebut menjadi kenyataan dalam film horror Korea terbaru yang berjudul “0.0MHz”. Film ini dibintangi oleh salah satu personel grup vokal asal Korea Selatan (APINK) yaitu Eun-ji Jung. Jung Eun Ji juga ditemani oleh Shin Joo Hwan, Choi Yoon young, Jung Won Chang dan Lee Sung Yeol sebagai para pemeran utama. Jika dilihat secara sekilas, film ini mirip dengan film-film horror Indonesia pada tahun 2000an yang menceritakan tentang sekelompok anak muda yang memberanikan diri untuk melakukan uji nyali bertemu dengan hantu. Jika sebagian besar film lain menggunakan media (barang) sebagai objek pemanggilan roh tersebut, dalam film 0.0MHz menggunakan frekuensi gelombang otak pada titik nol.

0.0MHz mengisahkan tentang sekelompok anak muda yang harus berurusan dengan makhluk gaib yang memiliki dendam dengan orang-orang yang pernah menindasnya (terutama kepada kaum laki-laki) akibat dari pemanggilan roh yang mereka lakukan. Mereka harus menyelamatkan diri sebelum hantu tersebut berhasil merasuki mereka satu per satu dan mencabut nyawa mereka. So Hee (Jung Eun Ji) sudah merasakan ada sesuatu yang tidak beres dari tempat mereka melakukan uji nyali tersebut tetapi hal itu tidak digubris oleh teman-temannya. So Hee memiliki indera keenam sehingga ia dapat merasakan dan melihat makhluk halus. Kemampuannya tersebut ia dapatkan dari neneknya (yang merupakan dukun) dan diwariskan secara turun temurun.

 

Film arahan sutradara Yoo Sun-Dong yang diadaptasi dari Webtoon yang ditulis oleh Jang Jak ini tidak banyak menyajikan keseraman, tetapi lebih berfokus kepada ketegangan meskipun jumpscare sangat sedikit. Pada awal sampai sekitar sepertiga film penonton akan disuguhkan suasana yang cukup mencekam, tetapi setelahnya alur cerita serasa sedikit membosankan dan berjalan dengan lambat. Penggambaran hantu dalam film ini juga terlihat seperti animasi meskipun mampu membuat sebagian orang takut melihatnya. Terdapat pula bagian-bagian yang rasanya seperti terpotong sehingga mengganggu kualitas utuh film ini. Terdapat pula kematian yang tidak dijelaskan mengapa orang tersebut dapat berakhir hidupnya seperti itu.

Acting daripada setiap pemain juga terkesan tidak natural. Meskipun Jung Eun Ji dapat dikatakan sebagai primadona dalam film ini, dirinya belum berhasil mengeksplorasi karakteristik peran yang dimainkan. Terdapat juga adegan yang dipaksakan dan agak tidak nyambung dengan alur cerita yang sudah dibangun dari awal.

 

Terlepas dari hal tersebut, ide film ini memang dikatakan kreatif karena menggunakan frekuensi gelombang otak. Dalam film ini juga diperlihatkan bagaimana masa lalu atau sifat dari masing-masing karakter dengan cukup baik dan juga ditambahkan sedikit humor kisah cinta So Hee dengan Sang Yeob (Lee Sung Yeol) yang cukup membangkitkan suasana hening dalam bioskop. Menjelang akhir film, penonton akan kembali dibuat penasaran tentang bagaimana nasib pemuda-pemudi tersebut. Apakah mereka berhasil selamat dari malapetaka tersebut ataukah tidak.

Untuk kamu yang penasaran dengan film 0.0MHz, kamu bisa menyaksikan film ini di berbagai bioskop kesayangan kamu karena sudah tayang sejak tanggal 17 Juli 2019! (MSTE)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M