Blog Post

News from us
08 September 2021

Tips untuk Meningkatkan Skill Public Speaking

Sobat Muda pasti sudah enggak asing lagi dengan istilah Public Speaking, skill tersebut memang sulit dilatih karena bicara didepan banyak orang pastinya bukan hal yang mudah, namun sulit bukan berarti tidak bisa diasah, nah berikut ini tips untuk meningkatkan skill Public Speaking:

  1. Memiliki Pesan yang Jelas

Jika Sobat Muda ingin belajar Public Speaking, bisa dimulai dengan menyusun poin-poin materi yang ingin disampaikan. Sobat Muda tidak perlu menghafal setiap kalimat, tetapi coba jelaskan garis besarnya dan runtutan materi agar mudah dipahami.

2. Bicaralah untuk memberi

Public speaking memiliki tujuan untuk menyampaikan gagasan dan ide kepada para audiens, jadi Sobat Muda harus berbicara dengan tujuan ingin menginspirasi audiens serta memberikan informasi. Jika Sobat Muda sudah memiliki mindset seperti itu maka audiens pun akan tertarik pada materi yang Sobat Muda bawakan.

3. Pahami audiens

Sesuaikan gaya bahasa Sobat Muda dengan audiens ketika menyampaikan materi. Karena walaupun materi sama tetapi harus diperlakukan cara penyampaian yang berbeda jika audiens memiliki latar belakang berbeda. Sobat Muda harus bisa memahami audiens sebelum menyampaikan materi, dengan itu dapat meningkatkan skill Public Speaking

4. Perhatikan bahasa tubuh

Ketika Sobat Muda menyampaikan materi, bahasa tubuh seperti gerakan maupun ekspresi harus sejalan dengan materi yang disampaikan. Karena bahasa tubuh adalah salah satu hal yang sangat penting didalam Public Speaking dan audiens akan merasa nyaman ketika penyampaian Sobat Muda selaras dengan gerakan tubuh.

5. Berikan humor dan emosi

Didalam Public Speaking, Menyelipkan unsur humor dan emosi ketika berbicara tentu membuat rileks atau tidak terlalu kaku. Selain itu, membantu memecahkan keheningan, audiens umumnya menyukai pembicara yang bisa melempar humor karena bisa menyegarkan suasana. Pandai-pandailah menyelipkan unsur emosi pada materimu atau secara spontan agar bisa memberikan ketertarikan audiens untuk mengikuti materi yang disampaikan.

Diatas adalah beberapa tips untuk meningkatkan Public Speaking Sobat Muda, semoga dengan membaca tips diatas Sobat Muda bisa semakin percaya diri di depan banyak orang dan lancar dalam Public Speaking!

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M