Blog Post

News from us
08 November 2019

MIDWAY, Adu Taktik Amerika Serikat dengan Jepang

 

Radio UNTAR – Jumat  (8/11/2019). Midway merupakan sebuah film yang menggambarkan pertempuran Amerika Serikat melawan Jepang pada 77 tahun lalu, tepatnya di Pulau Midway yang terletak di Samudra Pasifik bagian utara. Film ini menjadi gambaran Perang Dunia II, yang disutradarai oleh Roland Emmerich. Diambil dari kisah nyata AS yang berjuang atas penyerangan pangkalan Angkatan Laut di Pulau Oahu, Hawaii.

 

 

Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata, menampilkan karakter-karakter utama yang memang ada dalam sejarah. Beberapa karakter menonjol dalam Midway, seperti Richard Best atau Dick Best (Ed Skrein), ia seorang pilot pengebom yang dikenal pembangkang namun jitu dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, ada pula Laksamana Muda Edwin T Layton (Patrick Wilson) yang sempat memberi peringatan pada atasannya sebelum serangan Pearl Harbor, namun diabaikan.

 

 

Dimulai dengan adegan pertempuran di Pearl Harbor yang penuh dengan ledakan dan bom, sangat menggambarkan betapa menegangkannya kondisi pada saat pertempuran. Ditambah dengan uniknya film yang melibatkan Patrick Wilson sebagai perwira intelejen ( Edwin Layton), ia memberikan peringatan tentang serangan Jepang berulang kali, namun diabaikan oleh petinggi. Woody Harrelson seorang komandan armada Pasifik (Laksamana Nimitz) yang baru diangkat, yaitu pria yang mengatasi ketidakpercayaan naluriahnya terhadap para agen di unit pemecah kode untuk memperhatikan kecerdasan tentang serangan yang akan diluncurkan oleh Jepang.

Adu taktik antara AS dengan Jepang menambah keseruan dalam film ini, ditambah dengan armada laut dan udara AS yang kalah jumlah dari Jepang semakin membuat kesan menegangkan. Tak hanya itu, setelah serangan di Pearl Harbor  AS harus menghadapi pertempuran Rad Doolittle, selanjutnya mereka harus berhadapan dalam pertempuran Midway. Lokasi Midway yang berada jauh dari daratan menambah sulitnya area pertempuran. Dengan kondisi cuaca ekstrim Pasifik, membuat  pertempuran yang benar-benar perlu strategi dan perhitungan yang matang.

Sebagai film dengan latar perang, Midway menceritakan sejarah yang terjadi dalam Perang Dunia II. Tentunya film ini cocok ditonton bersama keluarga dan teman-teman. Disamping mendapat keseruan, Midway menggambarkan sebuah peristiwa mengenai keadaan dan situasi yang terjadi pada pertempuran merebutkan daerah pasifik AS dengan Jepang. Film ini tayang pada hari ini 8 November 2019 di bioskop Indonesia. Selamat menyaksikan di bioskop kesayangan Anda, jangan sampai melewatlkan keseruannya! (FSP)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M