Blog Post

News from us
14 February 2022

Kenali Beberapa Manfaat Mendengarkan Musik saat Tidur

Radio UNTAR – Senin (14/02/2022). Apakah Sobat Muda salah satu orang yang harus mendengarkan musik agar bisa tidur? Meski memiliki beberapa dampak negative, namun mendengarkan musik saat tidur juga ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kita loh! Yuk kenali beberapa manfaat mendengarkan musik saat tidur berikut ini!

  • Membuat Lebih Mudah untuk Terlelap atau Tertidur

Percaya atau tidak, dengan mendengarkan musik saat tidur dapat membantu kita lebih cepat untuk terlelap dan ada penjelasan ilmiah juga mengenai hal ini. Musik sendiri dapat merangsang hormon dopamine dan oksitosin dimana keduanya merupakan hormon yang mampu menghasilkan rasa tenang dan rileks sehingga memudahkan kita untuk terlelap. Musik sendiri juga membantu memproduksi hormon serotonin yang dapat membuat kita senang.

  • Mengatasi Gangguan Tidur

Mendengarkan musik saat tidur juga mampu menjadi obat atau solusi bagi Sobat Muda yang mungkin memiliki gangguan tidur atau kesulitan untuk tidur. Hal ini juga sudah dibuktikan dari adanya penelitian di tahun 2018 dimana dilakukan survei yang akhirnya menunjukkan hasil bahwa terdapat 62% dari 651 responden yang mengakui bahwa dengan mendengarkan musik dapat membantu mengatasi kesulitan tidur mereka.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur jadi Lebih Nyenyak

Tahukah kamu bahwa dengan mendengarkan musik, mampu mempengaruhi detak jantung dan juga bisa mengobati stress dan menenangkan pikiran loh! Maka dari itu, musik yang disarankan untuk di dengarkan untuk tidur adalah lagu-lagu yang memiliki tempo pelan.

  • Meningkatkan Memori
Could you repeat that?

Mendengarkan musik saat tidur juga bermanfaat untuk mengikatkan memori otak kita lho Sobat Muda! Hal ini karena sudah ada penelitiannya bahwa ritme otak kita cenderung melambat ketika tidur dan jika berjalan selaras dengan ritme suara yang kita dapatkan dari mendengarkan lagu, dapat ritme otak kita yang kemudian mampu mempengaruhi kualotas tidur kita menjadi lebih nyenyak juga meningkatkan memori di otak kita nih!

  • Mengurangi rasa cemas dan meningkatkan mood

Mendengarkan musik saat tidur juga mampu mempengaruhi psikis yang kemudian berdampak pula terhadap fisik kita. Seperti yang kita ketahui bahwa mendengarkan musik bisa meningkatkan mood dan jika mood terjaga dengan baik dan positif dapat menenangkan kecemasan dalam diri sehingga lebih mudah untuk tertidur dan lebih nyenyak. Tidak hanya itu, secara fisik tubih kita juga menjadi lebih rileks dan ketegangan yang tertahan sepanjang hari di otot-otot tubuh kita dapat berkurang karena hal ini merupakan respon alami tubuh dalam mengelola stress.

Itu dia beberapa manfaat mendengarkan musik saat tidur, kira-kira Sobat Muda jadi tertarik mencoba enggak nih nanti malam? Meskipun memiliki banyak manfaat, namun tetap tidak di sarankan untuk dilakukan secara intens dan terus menerus serta harus memperhatikan volume dan pastikan tidak menggunakan telepon genggam sebagai perangkatnya.

Sumber: (JH)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M