Blog Post

News from us
30 October 2018

Kamu Takut Naik Pesawat? Cari Tau Cara Mengatasinya Yuk!

Image result for aerophobia
Radio Untar – Selasa (30/10/2018) Sobat Muda punya phobia? Setiap orang pasti punya ketakutan masing-masing. Kalau kamu pernah naik pesawat dan merasa jantung seperti ingin copot, mungkin kamu mengidap aerophobia atau yang dikenal dengan takut naik pesawat. Nah gimana sih cara mengatasi aerophobia? Radio Untar bakal kasih tahu kamu tips-tips untuk mengatasi rasa takut kamu nih!
1. Cari tahu penyebab Aerophobia
Related image
Mencari tahu kenapa kamu bisa takut dengan menemukan pemicu dari munculnya perasaan itu adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Misalnya, kalau kamu takut pesawat mengalami kecelakaan, ketahuilah fakta bahwa perbandingan kecelakaan pesawat terjadi 1 banding 1,2 juta. Sementara perbandingan risiko kecelakaan lalu lintas adalah 1:5000. Bila penyebabnya karena kamu merasa takut di ruang sempit, kamu bisa pilih bangku penerbangan di sebelah jendela, jadi kamu akan lebih fokus melihat pemandangan langit luas dan merasa jauh lebih tenang.
2. Cari tahu informasi tentang pesawat
Related image
Mencari tahu informasi seputar pesawat atau penerbangan dapat mengurangi ketakutan kamu. Ketika kamu sudah tahu tentang fakta dan bukti tentang hal yang kamu takutkan, maka pemikiran buruk tersebut akan berkurang.
3. Ketahui cara menenangkan diri
Image result for relax in the airplane
Setiap orang pasti punya cara sendiri untuk menenangkan diri, misalnya dengan mendengarkan musik atau sambil mengunyah permen karet. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah untuk menenangkan diri saat ketakutan melanda dan tidak tegang lagi.
4. Lakukan secara perlahan
Related image
Kalau kamu memang memiliki phobia terbang dengan pesawat, bukan berarti kamu tidak bisa berpergian dengan pesawat. Perjalanan dengan pesawat dapat mempersingkat waktu perjalanan kamu dan membuat kamu bisa mengeksplorasi dunia yang sangat luas. Maka cobalah untuk bepergian dengan pesawat secara perlahan-lahan. Lakukan perjalanan dekat terlebih dahulu, lalu secara bertahap kamu mulai naik pesawat dalam jangka waktu lebih jauh dan lebih lama.
Nah Sobat Muda mulai sekarang jangan takut naik pesawat lagi ya. Semoga tips-tips diatas dapat membantu mengatasi rasa takut kamu! (FA: source)
|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M