Blog Post

News from us
13 July 2017

Ini Dia Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia

Radio UNTAR – Kamis (13/07/2017) Sobat Muda, tau engga kalau tidur itu merupakan kebutuhan vital untuk tubuh? Kekurangan tidur ataupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Seseoarang yang kurang tidur akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomer 1 di dunia. Selain itu jika kita tidak tidur dalam 3 hari, maka akan mengganggu kerja sistem hormonal dan metabolisme dalam tubuh. Tapi, ada juga loh memulai tidur menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang karena mengalami insomnia.

Nah, Insomnia adalah gangguan susah tidur malam. Seseorang yang mengalami insomnia akan memilik siklus tidur yang tidak beraturan. Karena insomnia ini lah, banyak orang lebih rentan terhadap serangan penyakit. Penyebabnya bisa karena stress atau kekhawatiran berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang, sering mengkonsumsi makanan/minuman stimulan. Sobat Muda juga mengalami susah tidur? Ini tips untuk mengatasinya!

  1. Memilih warna dekorasi yang tepat

Warna dekorasi ternyata memegang peranan penting loh dalam psikologi seseorang. Orang akan lebih merasa nyaman dan tenang jika berada alam ruangan yang berwarna sesuai dengan warna yang mereka sukai. Sebagai sebuah saran, Sobat Muda bisa memilih warna biru muda dan hijau muda. Karena warna satu ini lebih bersifat tenang, relaksasi, menyenangkan, damai, dan penuh dengan harapan. Selain itu untuk pencahayaan kita bisa memilih lampu-lampu yang redup dan kalem seperti warna krem untuk yang tidak dapat tidur tanpa lampu. Namun jika kamu mau lebih efektif, matikan lampu kamar agar lebih cepat tidur dan bangun dalam keadaan segar.

2. Pilih kasur yang sesuai

Mengalami susah tidur salah satunya juga bisa disebabkan karena kasur yang tidak sesuai. Pastikan kasur yang kamu gunakan untuk tidur itu nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh. Untuk mengeceknya kamu bisa berbaring di kasur itu. Sapa tahu ketika berbaring terasa seperti berdiri, itu menandakan kasur itu berarti nyaman. Kasur yang nyaman tidak hanya mampu menghilangkan susah tidur saja, tetapi kasur yang nyaman juga baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.

3. Jaga kesegaran udara

Kersegaran udara sangatlah menentukan kualitas tidur. udara yang kotor dan penuh dengan polusi sangat buruk loh bagi kualitas tidur, bahkan bisa menyebabkan gangguan sistem pernapasan. Makanya, sangat penting untuk selalu menjaga kesegaran udara. Apabila kamar kamu tertutup rapat, buka sedikit jendela agar oksigen segar bisa masuk kedalam kamar. Lebih baik lagi jika mengatasi susah tidur dengan alat pembersih udara. Dengan menggunakan alat tersebut selama 30 menit saja, kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang sebenarnya.

4. Jangan makan sebelum tidur

Makan merupakan hal sepele, tetapi kamu seharusnya tidak makan 45 menit sebelum tidur. Karena ketika makanan yang masuk kedalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut. Sehingga munculah gejala insomnia atau sulit tidur. Ada baiknya kalau hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, silahkan konsumsi 4 gelas air putih saja.

5. Hindari konsumsi kafein

Sobat Muda ternyta kopi sangat engga baik bagi kualitas tidur, karena kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Terutama untuk jenis kopi hitam yang pekat. Maka dari itu, minimal hindari kopi sekitar 5 jam sebelum tidur pada malam harinya.

Itu dia tips untuk kamu terhindar dari Insomnia. Semoga bermanfaat dan mulailah hidup sehat dari sekarang ya Sobat Muda! (CH:sumber)

 

 

 

 

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M