Blog Post

News from us
29 June 2020

Tantangan Mahasiswa saat COVID-19

Radio UNTAR – Senin (29/06/20). Dalam pandemik seperti ini, mungkin Sobat Muda juga merasakan dampaknya sebagai mahasiswa. Apalagi menuju hidup New Normal, perlu dilakukan adaptasi kembali. Nah, sekarang Radio Untar mau kasih tau ke Sobat Muda mengenai tantangan yang mahasiswa hadapi saat COVID-19 nih! Penasaran kan? Yuk simak!

 

1. Tidak dapat merasakan sensasi wisuda yang sebenarnya

Mahasiswa yang lulus di tahun ini terpaksa tidak dapat mengikuti wisuda seperti tahun-tahun sebelumnya. Ini tentu menimbulkan kekecewaan bagi mereka yang baru lulus. Bayangkan selama empat tahun merasakan suka-duka kuliah namun hanya diakhiri dengan pelepasan toga secara online.

Ditambah dengan rasa iri melihat banyaknya orang yang mengunggah momen mereka saat wisuda dulu. Namun, meski tidak dapat merasakan sensasi wisuda yang sebenarnya, kamu patut berbangga diri. Di situasi seperti sekarang, kamu mampu lulus tepat waktu.

 

2. Lulusan 2020 kemungkinan kesulitan mencari pekerjaan

Tidak dapat dimungkiri bahwa pandemik COVID-19 sangat berdampak pada sektor perekonomian. Banyak perusahaan yang terpaksa merumahkan karyawannya. Bahkan tidak sedikit juga yang mengalami gulung tikar. Hal ini membuat jumlah lapangan pekerjaan menurun secara drastis.

Pada akhirnya mahasiswa lulusan 2020 akan merasakan kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Tidak heran jika banyak yang memutuskan untuk memulai bisnis mandiri di rumah misalnya dengan jualan online.

 

3. Mahasiswa baru tidak dapat merasakan serunya kegiatan ospek

Meski menjadi momok sebagian mahasiswa, kita tidak dapat membantah bahwa ospek sangat berkesan. Momen di mana kamu pertama kali merasakan menjadi mahasiswa baru bersama ribuan orang lainnya. Ospek juga menjadi ajang pengenalan kampus dan tempat mencari kenalan sebanyak-banyaknya.

Sayangnya para mahasiswa baru tidak dapat merasakan keseruan itu di situasi sekarang. Terdapat dua kemungkinan mengenai ospek 2020, ditiadakan atau dilakukan secara daring. Namun, enaknya kamu tidak perlu berpanas-panasan lagi pada ospek kali ini.

 

4. Banyak mahasiswa kesulitan selama kuliah daring

Perlu digaris bawahi jika tidak semua mahasiswa memiliki akses internet yang memadai. Banyak dari mereka yang berada di tempat pelosok sehingga kesulitan mengakses internet selama kuliah online. Ada beberapa pula yang tidak mampu untuk membeli kuota internet. Hal seperti ini yang menghambat proses belajar selama kuliah online.

Untungnya ada beberapa kampus yang cukup peka dengan situasi seperti ini. Banyak universitas yang akhirnya mensubsidi kuota selama pembelajaran daring. Namun, sayangnya masih banyak mahasiswa yang tidak mendapatkan keringanan dari kampusnya.

 

5. Tidak dapat mengakses fasilitas kampus

Fasilitas kampus yang paling kamu rindukan pasti perpustakaan dan juga WiFi gratis. Perpustakaan sangat berguna untuk menunjang kegiatan belajar. Terutama jika kamu dalam kesulitan finansial, karena perpustakaan memiliki ribuan literasi yang tentu kamu butuhkan tanpa harus repot membeli. Namun, dengan area kampus yang ditutup dan kamu yang sedang berada di rumah seperti sekarang, tentu tidak bisa lagi mengakses fasilitas tersebut. 

Nah itu dia beberapa tantangan yang harus mahasiswa hadapi selama pandemik COVID-19. Semoga pandemik ini cepat berlalu ya Sobat Muda! (LB : Sumber)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M