Blog Post

News from us
01 September 2021

GIMANA SIH CARANYA AGAR KEGIATAN BELAJAR TETAP EFEKTIF SELAMA MASA PANDEMI?

Radio Untar – Rabu (01/09/2021) Selama masa pandemi pasti Sobat Muda mulai merasa malas banget nih buat belajar. Alasannya pasti karena bosan belajar sendiri dirumah, tidak punya jadwal belajar yang teratur dan efek dari belajar sendiri selama masa pandemi pasti Sobat Muda merasa cepat lelah dan ujungnya menimbulkan rasa mengantuk saat belajar.

Berikut tips – tips agar Sobat Muda betah belajar sendiri dirumah:

1.) Temukan gaya belajar ala Sobat Muda sendiri

Meskipun terdengan sulit tapi kalo Sobat Muda sudah bisa menemukan gaya belajar sendiri pasti kegiatan belajar selama pandemi akan semakin asik! Misalnya, Sobat Muda bisa mencoba belajar di malam hari sambil mendengarkan lagu yang Sobat Muda suka. Namun, pemilihan lagu nya ga bisa sembarangan loh Sobat Muda!

Contoh lagu yang cocok di dengarkan selama kegiatan belajar berlangsung biasanya tipe lagu yang memiliki alunan nada yang menenangkan, seperti suara hujan atau suara burung berkicau.

2.) Teratur dalam menyusun jadwal belajar

Sobat Muda bisa membuat jadwal kegiatan belajar sendiri loh! Hal ini dapat membuat kegiatan belajar lebih terarah. Misalnya, jika hari ini Sobat Muda sudah mempelajari Bahasa Indonesia maka di hari atau jam berikutnya Sobat Muda dapat melanjutkan ke pelajaran selanjutnya.

Jam – jam efektif untuk memulai kegiatan belajar adalah pada saat pagi hari, karena biasanya otak kita dapat bekerja secara optimal untuk menyerap informasi nih! Sehingga Sobat Muda lebih mudah dalam menyerap materi yang akan di pelajari.

3.) Biarkan tubuhmu beristirahat dengan cukup

Selama masa pandemi pasti banyak dari Sobat Muda yang jam tidur nya tidak teratur. Nah, hal tersebut sebenarnya dapat membuat otak kita lelah sehingga saat belajar kita menjadi kurang fokus. Oleh karena itu, jam tidur yang cukup akan membantu Sobat Muda untuk lebih fokus dan mudah dalam mengingat materi yang sudah dipelajari.

4.) Mendengarkan musik kesukaanmu saat belajar

Mendengarkan musik saat belajar ternyata sangat bermanfaat loh! Hal ini terjadi karna saat kita mendengarkan musik tubuh kita akan relax dan meningkatkan fokus, serta mempermudah otak untuk memproses lebih banyak informasi. Beberapa penelitian menunjukan adanya korelasi yang kuat antara kebiasaan mendengarkan musik saat belajar dengan meningkatnya daya ingat.

5.) Siapkan camilan dan minum pada meja belajarmu

Sediakan camilan dan minum untuk menemani Sobat Muda dalam belajar. Menyiapkan camilan sendiri itu membuat kita tetap fokus dan tidak bolak – balik saat Sobat Muda merasa haus atau lapar. Menikmati camilan saat belajar juga akan meningkatkan mood kita, sehingga saat belajar tekanan yang dihadapi tidak terlalu berat.

Nah, itulah beberapa tips belajar yang bisa Sobat Muda terapkan selama masa pandemi nih. Semoga tips diatas bisa membantu Sobat Muda yang punya masalah saat belajar online. Yuk coba diterapkan dan tetap produktif selama masa pandemi Sobat Muda!

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M