Blog Post

News from us
25 April 2018

Europe on Screen: “Menghadirkan Program Spesial 100 tahun Ingmar Bergman, Lebih Banyak Film Istimewa Eropa, dan Sentuhan Kelautan”

Radio Untar – Rabu(25/04/2018) Sobat Muda saatnya berbahagia buat kamu yang ngakunya pecinta film Eropa karena Europe on Screen hadir kembali di Indonesia loh! Dan acara ini merupakan festival film internasional terlama di Indonesia, mulai dari tanggal 3-12 Mei 2018 nanti. Dan akan menayangkan puluhan film Eropa terpilih di Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Surabaya, dan Yogyakarta.

Tahun ini, festival yang dikenal EoS ini, memiliki program dokumenter #OurOcean, yang menyoroti tanggung jawab kita untuk melindungi laut sebagai sumber daya untuk semua makhluk hidup. Selain menyenangkan pastinya juga akan menambah wawasan Sobat Muda nih!

 

Selain itu, EoS akan menyuguhkan program spesial tentang Ingmar Bergman, seorang sutradara ternama dari Swedia, yang telah menyutradarai sebanyak 60 film layar lebar, televisi, dan dokumenter. Ingmar Bergman berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi termasuk penghargaan Oscar untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Kamu yang merupakan fans film lawas Eropa maupun fans Ingmar Bergman harus banget dating ke acara ini karena akan memutarkan 3 film klasik beliau, yaitu Autumn Sonata, The Seventh Seal, dan Wild Strawberries.

Dan ada yang special nih di tahun ini, karena untuk pertama kalinya Eos mengadakan Short Film Pitch Project. Telah terpilih 10 finalis dari 122 pendaftar yang akan mempresentasikan ide mereka di depan panel yang terdiri dari filmmaker profesional. Sebanyak 3 proyek terpilih akan didanai oleh EoS dan ketiga film pendek ini akan tayang perdana di EoS tahun depan.

Yang ditunggu-tunggu adalah Penonton EoS juga akan diberi kesempatan untuk menyaksikan dua film Eropa sebelum rilis untuk umum di bioskop, yaitu film Jerman, Submergence, yang disutradarai oleh Wim Wenders dan film Perancis, Based on a True Story, disutradarai oleh Roman Polanski. Wow banget dong, nonton sebelum dirilis!

Dan yang tidak kalah mendebarkannya adalah buat Sobat Muda yang akan datang ke Europe on Screen kamu akan melihat para filmmaker Eropa seperti Weronika Mliczewska (sutradara film Long Way, dari Polandia), Deirdre Barry (produser film animasi, dari Irlandia), JeanPascal Elbaz (pakar subtitel dari Perancis), Aliakbar Campwala (sutradara film The Invisible Subtitler, dari Inggris), dan Andreas Johnsen (sutradara film Bugs, dari Denmark) secara live!

Meninaputri Wismurti, selaku Eos co-director, menjelaskan program lain yang telah disiapkan, yaitu Film Talk: The Art of Subtitling, akan diadakan di kampus Universitas Multimedia Nusantara pada tanggal 7 Mei 2018.

Makanya tunggu apalagi Sobat Muda ayo siapkan dirimu untuk ikut meramaikan Europe on Screen ini. Untuk informasi mengenai EoS dapat diperoleh di www.europeonscreen.org, dan melalui akun media sosial EoS resmi di instagram dan twitter @europeonscreen serta Facebook page Europe on Screen.

(DD)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M