Blog Post

News from us
07 February 2021

Beberapa tradisi unik saat Perayaan Imlek

Radio UNTAR-Kamis (04/02/2021). Imlek merupakan sebuah sebutan untuk perayaan tahun baru bagi masyarakat keturunan Tionghoa baik di Indonesia maupun di Luar Negeri. Istilah lain atau Bahasa inggris imlek yaitu Chinese New Year (CNY). Sama hal nya dengan perayaan Tahun Baru saat pergantian tahun, imlek juga memiliki tradisi yang dilakukan baik sebelum atau sesudah imlek. Berikut ini adalah beberapa tradisi yang dilakukan pada saat Imlek.

  1. Bersih-bersih Rumah
bersih bersij

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa membersihkan rumah berarti membuang segala keburukan yang menghalangi datangnya keberuntungan. Tradisi bersih-bersih ini biasanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa satu hari menjelang Imlek, karena dipercaya jika membersihkan rumah pada saat Imlek akan membuang keberuntungan di tahun tersebut.

2. Mendekorasi Rumah dan Ruangan

Dekorasi Rumah dengan Suasana Oriental

Selain dibersihkan, mendekorasi rumah juga menjadi hal yang dilakukan menjelang Imlek. Pintu dan jendela di cat ulang, serta ditempeli kertas yang bertuliskan kalimat atau kata-kata baik. Di mana sebagian besar dekorasi yang digunakan berwarna merah, yang bagi masyarakat Tionghoa melambangkan sesuatu yang sejahtera dan kuat, serta membawa keberuntungan.

3. Hidangan khas perayaan Imlek

hidangan khas imlek

Tidak saat perayaan natal saja terdapat hidangan khusus, saat Imlek juga ada loh Sobat Muda. Contohnya seperti buah Jeruk yang wajib ada disetiap meja makan, kue keranjang, bakpao,permen, dan masi banyak lagoi. Oiya hidangan yang tersaji harus berjumlah 12 jenis makanan ini untuk melambvangkan ke-12 jenis Shio. Selain makanan yang wajib dihidangkan saat imlek ada juga makanan yang tidak boleh disantap atau disajikan pada saat imlek yaitu Bubur.

4. Mengunjungi sanak Saudara

keluarga cina

Tidak hanya saat lebaran, Imlek juga menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi saudara. Momen ini digunakan masyarakat Tionghoa untuk mempererat tali persaudaraan. Tak heran pada saat menjelang Imlek banyak warga Tionghoa yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan bersama keluarga mereka.   Biasanya saat mengunjungi saudara tradisi membagikan angpao sering dilakukan dengan syarat hanya saudara/orang yang lebih muda saja yang boleh menerima angpaonya, sedangkan yang sudah tua/dewasa tidak bole mendapat angpao.

5. Sembahyang terhadap Leluhur

Imlek

Tradisi unik Imlek lainnya adalah melakukan sembahyang leluhur yang telah meninggal dunia. Ini bisa dilakukan di rumah satu hari menjelang tahun baru. Dupa dan lilin dinyalakan, serta menyajikan persembahan makanan, seperti buah-buahan segar, kue, daging, serta minuman. Biasanya teh dan arak. 

Bagaimana Sobat Muda, banyak hal unik di tradisi perayaan Imlek yang tidak ada di perayaan hari lain kan? Bagaimana pun bagi kamu yang merayakan Imlek harus menaati tradisi yang sudah ada ya.
(Sumber : DD)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M