Blog Post

News from us
24 September 2018

BASE Entertainment Siap Menggebrak Perfilman Indonesia Dengan Tiga Film Terbaru Dari Joko Anwar

Radio Untar – Senin(24/09/2018) Sobat Muda, siapa sih yang enggak kenal sama Joko Anwar, sosok dibalik suksesnya Film Pengabdi Setan yang melegenda. Tahu enggak sih ternyata Joko Anwar bakalan bekerjasama dengan BASE Entertainment loh, studio film yang berbasis di Indonesia dan Singapura, dengan kemitraannya Ivanhoe Pictures, RAPI Films, dan CJ Entertainment untuk mendanai dan memproduksi proyek film bersama Joko Anwar; Impetigore, The Vow, dan Ghost In The Cell. Wah, bakalan ditunggu-tunggu nih kejutan apa yang bakal hadir.

BASE Entertainment sendiri adalah sebuah studio film baru yang merupakan gabungan tiga perusahaan film, SALTO FILMS yang didirikan oleh Shanty Harmayn (produser, Garuda di Dadaku, Sang Penari), MILLION PICTURES oleh Ben Soebiakto dan Aoura Chandra (produser, Negeri 5 Menara), dan KAWI CONTENT berbasis di Singapura yang didirikan oleh Tanya Yuson.

Tahu enggak sih Sobat Muda? Ketiga film dari Joko Anwar adalah: Impetigore, Ghost in the Cell, dan The Vow. Ketiganya akan disutradarai oleh Joko Anwar, dari skenario yang ditulisnya sendiri.

Berbicara mengenai rangkaian produksi pertama BASE dengan Joko Anwar, Shanty mengatakan, “Sudah lama kami ingin bekerja sama dengan Joko, dan rencana produksi bersama ini sudah dipersiapkan dari awal tahun 2017. We love his ideas! Kami sepakat ide-ide cerita Joko ini adalah rangkaian proyek yang sangat tepat untuk kerjasama kami dengan Ivanhoe Pictures maupun CJ Entertainment yang memang fokus mengangkat cerita-cerita Asia untuk pasar lokal maupun internasional.”

Ivanhoe Pictures adalah perusahaan film yang memproduksi film dan serial televisi dengan konsentrasi cerita tentang Asia, termasuk Crazy Rich Asians, film komedi terlaris Hollywood dalam 3 tahun terakhir, yang dirilis pada 15 Agustus 2018 lalu. Wah, sepertinya ini merupakan kerjasama yang luar biasa banget ya, Sobat Muda.

Joko Anwar juga mengatakan, “Saya sangat senang dapat bekerjasama dengan banyak pihak yang sudah memiliki pengalaman membuat film di berbagai pasar internasional, sehingga saya dapat menimba lebih banyak ilmu.” Film terbaru yang disutradarai Joko Anwar, Pengabdi Setan (2017), saat ini masih menjadi film horor Indonesia terlaris sepanjang masa, dengan jumlah penonton bioskop sebanyak 4,2 juta penonton.

Perkembangan pesat perfilman Indonesia yang menunjukkan tren positif ini perlu terus dipelihara agar industrinya bisa semakin kokoh. Melihat peluang besar yang ada, Base Entertainment tengah membentuk sebuah film fund dengan fokus pada pendanaan proyek film dan industri pendukung film.

Aoura L. Chandra menambahkan, “kami banyak didatangi investor dari dalam dan luar negeri, dan kami tengah melakukan diskusi dengan beberapa pihak.”

Selain kerja sama tiga film dengan Joko Anwar, awal tahun ini BASE Entertainment juga telah berpartisipasi dalam pendanaan film anak-anak Kulari Ke Pantai (2018) karya Mira Lesmana dan Riri Riza. BASE juga akan melakukan co-production dengan New Amsterdam Film Company dalam film war thriller berjudul The East Indies karya sutradara Belanda, Jim Taihuttu (rilis 2020), dan tengah mengembangkan sebuah cerita dari adaptasi novel grafis terbaik dan terkenal dari Filipina berjudul Trese, karya Budjette Tan dan Kajo Baldisimo.

Hingga 2020, BASE Entertainment berencana membuat 15 sampai 20 judul untuk layar lebar maupun serial.

Sepertinya kamu harus bersabar dulu menikmati film-film kerjsama Base Entertainment bersama Joko Anwar ini Sobat Muda. Tapi, dijamin bakalan bagus baget nih hasilnya nanti. (AP)

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M