Blog Post

News from us
21 October 2018

Bahasa Inggris Makin Penting! Yuk Belajar Biar Fasih Ngobrol dengan Turis!

Radio Untar – Minggu (21/10/2018) Sobat muda, sekarang udah zaman globalisasi nih! Dimana-mana pasti kamu dituntut untuk bisa dalam berbahasa asing, apalagi bahasa inggris! Nah makanya itu Radio Untar mau kasih tips nya nih biar kamu bisa fasih sampai bisa ngobrol bareng turis loh!

 

Salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan berbicara kamu dalam bahasa Inggris adalah dengan cara mencoba berbincang-bincang dengan native speaker (orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya). Lalu bagaimana jika kamu tidak kenal seorang pun native speaker?

Jangan khawatir! Kamu masih bisa melatih kemampuan berbicara kamu dalam bahasa Inggris tanpa partner berbicara sekalipun! Langsung saja kita bahas cara-caranya!

No partner? No problem!

1. Biasakan berpikir dalam bahasa Inggris

Biasakan berpikir dalam bahasa Inggris! Kamu bisa melakukan ini kapan saja, dan dimana saja. Mulai sekarang, cobalah gunakan bahasa Inggris untuk berpikir dalam keseharian kamu, misalnya ketika kamu memikirkan kegiatan sehari-hari, ketika sedang memilih menu, atau mungkin ketika kamu sedang memikirkan orang tersayang!

2. Bicara pada dirimu sendiri dalam bahasa Inggris

Cobalah untuk bicara pada diri kamu sendiri dalam bahasa Inggris, cobalah keluarkan unek-unek yang ada dalam kepala kamu! Ketika kamu lapar, ucapkan dalam bahasa Inggris! ketika karakter favorit kamu mati, lontarkan kekesalan dan kesedihan kamu dalam bahasa Inggris!

3. Fokus pada kelancaran, bukan pelafalan

Seberapa sering kamu tergagap ketika mencoba berbicara menggunakan bahasa Inggris? Berapa lama biasanya kamu berhenti berbicara ketika mencoba memikirkan kata yang tepat? Semakin sering kamu berhenti ketika berbicara, maka kamu makin terdengar tidak percaya diri dan menjadi kurang nyaman ketika berbicara menggunakan bahasa Inggris!

4. Coba ucapkan tongue twister

Tongue Twister adalah serangkaian kata yang sulit diucapkan dengan cepat. Tongue Twister biasanya tersusun dari beberapa kata yang memiliki cara pelafalan yang sedikit mirip, contohnya seperti : “She sells seashells on the seashore“, “A good cook could cook as much cookies as a good cook who could cook cookies“, dan masih banyak lagi. Coba ucapkan beberapa kali dengan cepat! Kamu pasti akan sedikit kewalahan.

5. Dengar dan ulangi

Kamu suka menonton film atau serial TV yang menggunakan bahasa Inggris? Gunakan hal itu untuk melatih kemampuan berbicara kalian dalam bahasa Inggris! Coba dengarkan apa yang mereka katakan dan coba ucapkan ulang dialog mereka, cobalah untuk menyamakan nada, kecepatan, dan aksen kamu, tidak masalah apabila kamu melewatkan beberapa kata, yang terpenting adalah terus berbicara agar mulut kamu semakin nyaman berbicara dalam bahasa Inggris!

6. Bernyanyilah

Kamu suka mendengarkan lagu-lagu dalam bahasa Inggris? mulai sekarang jangan hanya dengarkan, tapi nyanyikanlah! Menyanyikan lagu yang menggunakan bahasa Inggris bisa memperlancar mulut kalian dalam mengeluarkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Gunakanlah aplikasi karaoke ketika bernyanyi agar kamu tahu cara melafalkan kata-kata yang tidak diketahui supaya kamu bisa mengevaluasi kembali setiap selesai bernyanyi.

Ketika kamu sudah terbiasa menyanyikan lagu dengan genre pop, jazz, dan semacamnya, coba tantang diri kamu dengan menyanyikan lagu bergenre rap! Beberapa lirik lagu rap mungkin terdengar sedikit tidak masuk akal, tapi jika kamu bisa mengimbangi kecepatan bernyanyi dan masih bisa melafalkan liriknya dengan tepat, sudah pasti kemampuan dan kelancaran kalian dalam berbicara bahasa Inggris akan berkembang!

Nah Sobat Muda itu dia tips yang Radio Untar bagiin buat kamu yang mau jago dalam berbahasa inggris, tapi yang terpenting adalah jangan takut salah dalam berbahasa! (RK: source)

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M