Blog Post

News from us
01 September 2021

ANTI CORRUPTION FILM FESTIVAL – ACFFEST 2021

Radio Untar – (Senin, 01 September 2021) Sobat Muda komisi Pemberantasan korupsi atau yang biasa kita sebut KPK akan mengadakan kembali Anti-Corruption Film Festival 2021. Pada siaran pers yang diadakan pada 01 September 2021 pukul 14:30 WIB yang dilakukan secara daring, penyelenggaraan ACFfest yang ke-7 ini diresmikan oleh Bapak Wawan Wardiana selaku Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI.

Pada siaran pers kali ini banyak narasumber yang telah hadir untuk berbagi ilmu dan juga menjelaskan perihal ACFfest ini, seperti Wawan Wardiana, Sammaria Simanjuntak sebagai sutradara film, Amanda Valani sebagai Head of Signature Content Narasi dan Dotty Rahmatiasih sebagai Kasatgas Kampanye dan Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi.

Tema yang diangkat oleh ACFfest tahun ini adalah “Bangkit Beraksi Berkreasi”, Tema tersebut terpilih karena KPK mengharapkan dengan kehadiran festival film ini dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi para kaum muda berbakat untuk bangkit dan terus mendukung Anti-korupsi yang ada di Indonesia melalui karya dan kreativitas di tengah pandemi Covid-19 ini. ACFfest juga berharap pada festival film ini, para kaum muda mampu untuk tetap aktif, kreatif, peduli serta kritis dalam segala keterbatasan yang ada untuk tetap mengkampanyekan gerakan Anti-korupsi

Dalam kurun waktu 3 tahun, antusiasme para peserta ACFfest terus meningkat dan dengan berjalannya waktu ACFfest juga melihat berbagai trend dari konten digital yang telah booming dikalangan para kaum muda pada saat ini. Oleh karena itu, KPK menambah satu program kompetisi yaitu, kompetisi Tiktok anti-korupsi.

Kompetisi ini sangat terbuka untuk umum dan pendaftarannya sendiri telah dibuka sejak hari ini 1 September 2021 – 31 Oktober 2021. Total hadiah yang diperebutkan para peserta juga tidak main – main, KPK memberikan hadiah sebesar Rp250.000.000, – (Dua ratus lima puluh juta rupiah) untuk para pemenang.

Kategori untuk kompetisi ini sendiri terbagi menjadi 4, diantaranya:

1. Kompetisi film pemdek fiksi/komedi (Durasi maksimal 15 menit)

2. Kompetisi film pendek documenter (Durasi maksimal 15 menit)

3. Kompetisi film pendek animasi (Durasi maksimal 15 menit)

4. Kompetisi Tiktok Anti-korupsi (Durasi maksimal 3 menit)

Selain 4 jenis kompetisi diatas, KPK sendiri juga masih membuka kesempatan bagi para pembuat film untuk mengirimkan proposal ide film mereka yang masih mengangkat tema “Anti-korupsi” yang berdurasikan 10 – 15 menit.

Ada 10 proposal yang akan terpilih dan mendapatkan bantuan dana produksi sebesar Rp30.000.000, – (Tiga puluh juta rupiah) dan berhak mengikuti Movie Camp Online dan bagi mereka yang terpilih akan mendapat pendampingan teknis dari para mentor profesional.

Pembuat film akan diberikan waktu untuk produksi film selama kurang lebih 2 bulan sejak Oktober – November 2021. Film – film yang telah selesai diproduksi dan diberikan penilaian, kemudian akan diputar dalam rangakaian ACFfest Screening Day dan pada malam penganugerahan ACFfest 2021 yang akan disiarkan di salah satu stasiun TV Nasional.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada Desember mendatang dalam rangkaian Hari Anti-korupsi Sedunia (Harkodia).

Untuk informasi lebih lanjut, Sobat Muda bisa menghubungi:

Nada Bonang

Publisis ACFfest

0857-6855-7903

acffest.info@gmail.com

Wah, keren banget ya Sobat Muda ACFfest 2021 ini, jadi buat Sobat Muda yang sekiranya merasa cocok untuk mengikuti kompetisi ini bisa banget di coba loh.

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M