Perjuangan Neil Amstrong Mencapai Bulan dalam Film First Man

Radio Untar – Rabu(11/10/2018) Sobat Muda pernah enggak sih terbesit punya keinginan untuk buat bisa jadi penjelajah luar angkasa apalagi bisa menginjakan kaki di bulan. Sepertinya impian itu juga yang diinginkan oleh sosok Neil Amstrong. Siapa yang enggak tau Neil Amstrong? Dia lah manusia pertama yang menginjakan kaki di bulan, dan lewat Film First Man perjalanannya diangkat ke dalam sebuah film bergenre Drama Biography. Tak main-main film ini digarap langsung oleh Damien Chazelle yang telah dulu sukses dengan film La La Land. Diadaptasi langsubg dari buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong karya dari James R. Hansen.

Film First Man sendiri bercerita tentang seorang manusia pertama, Neil Armstrong yang menjajahkan kakinya dibulan. Pada film ini kita akan disuguhkan atmosfir bagaimana ketegangan yang dialami Neil selama berada di Apollo 11 yang menuju bulan dan juga kekhawatirannya yang tak bisa kembali kebumi dimana ia telah ditunggu oleh orang yang dicintai.

“Ada banyak kisah lain yang menceritakan tentang pendaratan di bulan, tetapi saya ingin tahu seperti apa rasanya menginjakan langkah kaki pertama di bulan dan seperti apa rasanya menjadi orang yang pertama kali membuat jejak kaki di bulan, dari situlah saya akan membuat ini berbeda dari kisah lainnya”, kata Damien Ghazelle.

Saat menyaksikan film ini, penonton akan di bawa kembali ke masa tahun 1961-1969, di mana suasana akan terasa dari latar tempat, kostum, dan  pengambilan gambar di buat nyaris sempurna dengan era ’60-an. Dengan tangan ajaib Chazelle , ia mampu menampilkam adegan yang sangat detail.

Musik yang disuguhkan pun juga disesuaikan dengan jamannya, hal ini membuat suasana jadul melekat di film ini. Enggak heran kalau Chazelle mempercayakan Justin Hurwitz sebagai komposer musik. Selama menyaksikan film ini, kamu akan di bawa ke nuansa hening dengan musik sendu tapi seketika kamu akan terkejut karena akan merasakan deg-degan saat roket mengalami guncangan hebat, di situlah mata kamu akan makin fokus pada adegannya.

First Man mengambil durasi yang cukup lama sekitar 2 jam 21 menit, sehingga kamu bakal puas melihat akting Ryan Gosling memerankan Neil Amstrong. Meski terkadang film biopic cenderung membosankan, tapi dengan hadirnya Gosling bakal bikin film ini punya nilai tambah sendiri dan dijamin bakal betah mengikuti alur cerita hingga tuntas.

Dalam ceritanya banyak menyuguhkan adegan tanpa dialog, terkadang diisi oleh instrumen musik saja namun ada juga yang adegan hening tanpa suara yang cukup lama, di situlah adegan penuh emosional ditampilkan, ini yang membuat film First Man punya nuansa berbeda.

Tidak hanya menampilkan perjuangan Amstrong saat menginjakan kaki di bulan saja, tapi menghadirkan gejolak-gejolak konflik dalam keluarga Amstrong dengan istri dan anak-anaknya. Di sisi lain ia punya ambisi yang kuat jika ia akan berhasil mencapai bulan. Tapi apakah hal itu disetujui oleh keluarganya? Tentu tidak, kekhawatiran Janet Armstrong (Claire Foy) sang istri meragukan apakah suami nya akan kembali lagi sebagai sosok ayah untuk kedua anak laki-lakinya.

Buat kamu yang udah kangen sama aksi Ryan Gosling dalam film First Man ini, jangan lupa saksikan di bioskop kesayangan kamu karena film ini sudah tayang mulai 10 Oktober 2018. Siapin camilan ya Sobat Muda, biar makin seru nontonnya. (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *