Blog Post

News from us
17 August 2017

Kamu yang Mana? Tipe-Tipe Orang Saat Upacara Bendera

Radio UNTAR – Kamis (17/08/2017) Secara umum sih setiap upacara bendera itu pasti diikuti oleh banyak orang yang disebut sebagai peserta upacara. Namanya juga banyak orang, sifat dan tingkah laku mereka juga akan berbeda-beda. Nah, kali ini akan membahas tentang tipe-tipe orang ketika sedang mengikuti upacara bendera. Emang seperti apa sih? Yuk langsung aja kita simak sama-sama.

 

Si Ngantuk

Tipe orang yang pertama adalah si ngantuk. Karena upacara bendera itu dilakukan pada pagi hari, maka tipe-tipe orang seperti ini akan banyak kita jumpai waktu upacara bendera. Kemungkinan besarnya sih karena dia tidurnya kemaleman. Terus jadi ngantuk waktu ikut upacara. Ciri-ciri dari si ngantuk ini adalah mata yang terbuka cuma sedikit, terus kalo jalan agak sedikit geloyoran, dan yang paling gampang dilihat yaitu tingkat menguapnya yang cukup tinggi. Repotnya lagi bahwa menguap itu ternyata bisa dan mudah sekali menular. Jadi ya meskipun awalnya yang ngantuk itu cuma beberapa orang, karena menular maka hampir semua peserta upacara akan merasa mengantuk. Apalagi kalau pidato dari pembina upacaranya kepanjangan.

Si Ngobrol

Jenis yang kedua adalah si ngobrol. Karena sudah tertular dari si ngantuk, maka beberapa orang memutuskan untuk ngobrol supaya mereka tetap terjaga ketika upacara bendera. Biasanya sih ciri-ciri si ngobrol ini adalah memposisikan kepalanya agak menunduk supaya ketika mereka ngobrol, mulut mereka tidak terlihat oleh pembina dan pengawas upacara. Hal-hal yang diobrolin pun biasanya seputar kejadian di film kartun yang tayang kemaren. Awalnya sih si ngobrol ini cuma ngobrol sama temen sebelahnya aja. Tapi karena obrolan seputar film kartun itu seru, maka barisan di belakang mereka pun biasanya jadi ikut nimbrung obrolannya. Kalau sudah seperti itu, biasanya barisan itu akan menjadi gaduh seperti suara segerombolan tawon. Terus kalau sudah kelewatan, kena tegur dari pengawas upacara deh.

Si Khidmat

Tipe berikutnya dari orang yang bisa kamu jumpai waktu upacara bendera adalah si khidmat. Si khidmat ini adalah orang yang benar-benar mengikuti dan menjalankan upacara bendera dengan serius. Ciri-cirinya sih biasanya berdirinya paling tegap, kepala tegak lurus ke depan, kalau hormat paling semangat, terus kalau mengheningkan cipta kayak sedih gitu. Mau temen-temen di sekitarnya ngantuk, mau temen-temen di sebelahnya ngobrol, si khidmat ini bakalan tetap mengikuti upacara dengan penuh penghayatan. Biasanya sih gak lama kemudian si khidmat akan diberi kepercayaan sebagai salah satu petugas upacara.

Si Ngelamun

Berikutnya ada si ngelamun yang bisa kamu temui juga kalau upacara bendera. Si ngelamun ini sih kalau dilihat-lihat hampir mirip sama si khidmat. Cuma kalau selesai upacara dia ditanya tentang isi pidato dan pengumuman yang disampaiin sama pembina upacara, dia gak bisa jawab. Ciri-ciri yang paling gampang dilihat dari si ngelamun ini adalah gerakannya yang sering terlambat. Saat yang lain sudah hormat, dia masih tegap. Tapi nanti giliran yang lain sudah tegap lagi, dia masih hormat aja. Biasanya sih dia baru sadar saat disenggol sama temen di sebelahnya.

Si Senyum-Senyum

Selanjutnya ada si senyum-senyum. Yang ini juga hampir mirip sih sama si ngelamun. Bedanya si senyum-senyum ini kalau ditanya soal pidato dan pengumuman waktu upacara masih bisa jawab. Tapi ya gitu, waktu upacara isinya senyum-senyum doang. Emang sih gak ada yang salah sama si senyum-senyum, cuma sikap cengegesannya ini biasanya akan berhadiah cubitan dipinggangnya oleh Bapak atau Ibu guru. Terutama dari guru yang terkenal galak gitu. Dari ciri-cirinya sih dia waktu upacara sering senyum-senyum sama kakak kelas cantik yang sedang menjadi pengibar bendera. Atau dia sering senyum-senyum sama adik kelas yang kece di barisan lain yang kebetulan bisa beradu pandang. Kalau kamu bertanya tentang apa yang si senyum-senyum ini pikirkan, mungkin Aku cuma bisa menjawab, hanya dia dan pikirannya yang tau.

Kalau kamu waktu upacara bendera termasuk tipe yang mana? Atau mungkin ada tipe-tipe orang yang lain yang ada di upacara bendera tapi belum disebutin sama kita? (AP:Sumber)

 

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M