Blog Post

News from us
12 September 2020

5 KEBIASAAN WARGA +62 YANG CUMA ADA DI INDONESIA

Radio UNTAR – Sabtu  (12/09/2020). Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa kebiasaan yang kita anggap wajar sebagai orang Indonesia, dan sudah sering kita lakukan. namun pernahkah kita berpikir bahwa kebiasaan tersebut terbentuk karena adanya pengaruh lingkungan sosial dan adat istiadat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki adat istiadat dan kebiasaan yang unik serta berbeda dari negara lain, Lalu bagaimana ya kalau orang-orang luar negeri menyaksikan kebiasaan kita sehari-hari?

  1. Makan Belum Lengkap Kalo Tanpa Nasi

Siapa sih yang engga tau nasi, nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, istilah kata bagi orang Indonesia nasi adalah hal yang wajib!

Ibarat taman tak berbunga, begitu juga makan tanpa nasi. Meskipun kita sering makan bakso, mie ayam, somay. Namun jika pertanyaan nya “ sudah makan belum ? “ jika nasi belum masuk perut, tentu jawabannya “belum”

Ada beberapa hal yang membuat nasi begitu lekat dengan orang Indonesia, diantaranya: tradisi nenek moyang, mindset makan belum kenyang tanpa pakai nasi, makanan yang sangat netral dan dapat dimakan bersamaan dengan makanan apapun

2. Tangan Menjadi Pengganti Sendok

Dari sabang sampai merauke, hampir semua orang makan menggunakan tangan, bagi mereka hal ini dapat menambah kenikmatan makanan yang disantap. Mereka juga menganggap makan menggunakan tangan dapat mempererat kebersamaan dengan orang lain di banding dengan makan menggunakan sendok. Hal ini tentunya unik dan cuma ada di Indonesia lho Sobat Muda.

3. Suka Kepo dengan Urusan Pribadi Orang Lain, “Kapan Nikah?”

Orang Indonesia terkenal dengan rasa ingin tahu nya yang tinggi, sudah menjadi budaya kita juga untuk saling peduli satu sama lain, tapi tak jarang kepeduliaan yang berlebihan ini berujung pada kepo. Mulai dari soal Pendidikan, karir, bahkan sampai ke jodoh.

Berbeda hal nya dengan orang luar negri yang menganggap bahwa kepo dengan urusan orang lain itu tidak sopan dan juga merupakan hal yang  sangat sensitive, orang Indonesia justru sebalikmya. Padahal pertanyaan pertanyaan seperti : “kapan nikah?” atau “kapan skripsi?” bisa diganti dengan hal-hal yang lebih netral — seperti ‘darimana kamu berasal?’ ‘bagaimana rasanya tinggal di Indonesia?’ dan lain sebagainya.

4. Kerokan is the Best!

Walaupun belum ada penelitian medis yang menunjukan keakuratan dari Teknik pengobatan yang satu ini, namun apaapun penyakit nya, kerokan Langkah pertolongan pertama nya! Rasanya sudah tidak aneh lagi dengan Teknik pengobatan ini, yang kalo kata orang bule sih mengerikan soalnya seperti dicakar harimau

5. Mandi harus 2 kali, 1 kali? IH JOROK!

Sejak kita kecil, kita selalu di ajarkan untuk mandi sehari dua kali, baik saat sedang berkeringat maupun tidak. Baik saat musim panas atau musim hujan, sudah pasti kita mandi ya dua kali.

Hal yang wajar di Indonesia ini, dianggap tidak wajar bagi orang bule, atau bahkan negara tetangga seperti jepang. Bagi mereka orang Indonesia memang super rajin dalam hal kebersihan. Tapi kerajinan orang Indonesia dalam menjaga kebersihan tubuh bukan tanpa alasan tentunya mengingat suhu dan kelembapan negara kita sendiri sangat tinggi dan lembab.

Wah, ternyata ada banyak juga ya kebiasaan kebiassaan unik di negara kita yang berbeda dengan negara lain, tapi ingat ya teman teman perbedaan yang ada bukan lah suatu  alasan yang membedakan kita dari orang lain dan justru malah mengurung diri, melainkan perbedaan ada untuk saling melengkapi. Yang penting kita harus selalu bisa menghargai ya setiap perbedaan yang indah itu! (CE: sumber)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M