Blog Post

News from us
26 August 2021

5 Olahraga Mudah yang Membantu Menurunkan Berat Badan

||
0 Comment
|

Radio Untar – Rabu (23/08/21). Masa pandemi dan berdiam diri di rumah membawa dampak mulai dari keterbatasan berkegiatan, pola makan, pola tidur, pola hidup termasuk salah satunya berat badan yang ikut terdampak karena asupan kalori berlebih serta tidak diimbangi dengan olahraga. Naiknya berat badan mungkin dianggap kurang penting, namun sebenarnya bisa berdampak tidak hanya bagi penampilan dan kepercayaan diri tetap juga imunitas tubuh. Berikut 5 olahraga mudah yang bisa dilakukan di masa pandemi dan membantu menurunkan berat badan.

  1. Naik Tangga

Naik tangga bisa menurunkan berat badan?  mungkin akan terdengar aneh namun merupakan olahraga yang satu ini bisa dilakukan di rumah dengan mudah serta dinilai cukup efektif untuk menurunkan berat badan karena gerakan naik turun tangga ini sendiri melatih otot dan kekuatan kaki kamu loh Sobat Muda! Mengutip dari laman Very Well Fit melakukan naik tangga untuk olahraga di rekomendasikan selama 10 menit tiap hari. Jika tidak ada tangga, kamu bisa menggunakan undakan dari benda lain.

2. Berjalan

Berjalan merupakan salah satu olahraga yang cukup efisien di masa pandemi karena tidak membutuhkan terlalu banyak ruang serta peralatan. Terlebih lagi, olahraga berjalan sangat cocok untuk Sobat Muda yang mungkin masih pemula dan baru mulai berolahraga karena intensitasnya yang ringan. Sobat Muda bisa memulai berjalan secara perlahan selama lima menit pertama. Setelah itu, tingkatkan kecepatan berjalan dan lakukan selama 20 menit.

3. Body weight Training

Body weight training merupakan olahraga yang menggunakan beban tubuh sendiri. Olahraga ini tidak hanya membakar kalori, tetapi juga bisa membentuk massa otot. Peralatan yang diperlukan untuk olahraga ini berupa; matras, dumbbell, resistance band, dan lainnya. Namun hal tersebut bersifat opsional dan body weight training tetap bisa dilakukan tanpa bantuan alat. Beberapa body weight training yang tidak membutuhkan alat seperti, push up, sit up, crunches, squat, lunge, dan masih banyak lagi.

4. Bersepeda

Bersepeda mungkin akan terdengar biasa, tetapi manfaat dari bersepeda ternyata cukup signifikan loh untuk Sobat Muda yang berniat menurunkan berat badan! Dengan bersepeda Sobat Muda mampu membakar kalori yang merupakan kunci dari penurunan berat badan. Hal ini karena mengayuh pedal sepeda selama 20 hingga 30 menit dapat membakar antara 300-500 kalori.

5. Menari

Menari merupakan olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah karena Sobat Muda cukup memutar beberapa jenis lagu favorit dan  menggerakkan badan mengikuti alunan musik selama 15 hingga 30 menit. Bisa juga mencari referensi gerakan dari media sosial atau influencer olahraga jika Sobat Muda merasa kesulitan. Menari sendiri bisa membakar kalori karena merupakan kegiatan yang membutuhkan dan menggerakan fisik secara keseluruhan mulai dari tubuh bagian atas hingga bawah. Jika dilakukan secara rutin, menari juga bisa membentuk massa otot seperti yang dilakukan para idol K-Pop loh Sobat Muda!

Itulah beberapa olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah di masa pandemi serta dapat membantu Sobat Muda yang ingin menurunkan berat badan atau baru mau memulai olahraga. Yuk Sobat Muda, Jangan menunda olahraga supaya berat badan stabil dan imunitas tubuh terjaga! Stay healthy!

(JH : sumber)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M