Blog Post

News from us
26 April 2021

5 Mitos dalam Olahraga yang Harus Kamu Tahu

Radio UNTAR – Senin (26/04/2021). Olahraga pastinya adalah salah satu kegiatan yang membuat tubuh menjadi sehat. Tidak hanya membuat tubuh kita sehat, olahraga juga membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Sayangnya masih banyak mitos tentang olahraga nih Sobat Muda, ini 5 contoh diantaranya:

  1. Olahraga Harus Banyak Berkeringat

Sobat Muda pernah enggak sih sengaja olahraga “mati-matian” biar banyak keringat yang keluar, padahal keringat yang banyak belum tentu olahraga menjadi efektif dan sehat loh, karena pada nyatanya ada banyak faktor mempengaruhi seberapa banyak keringat kamu saat berolahraga, seperti metabolism tubuh, jenis olahraga dan kapan kamu melakukan olahraga.

Tubuh setiap orang berbeda, sehingga kamu bisa saja mendapatkan manfaat olahraga seperti penurunan berat badan tanpa mengeluarkan keringat. Di samping itu, olahraga terlalu berat dan berkeringat terlalu banyak dapat berbahaya bagi tubuh Sobat Muda loh!

  • Semakin lama berolahraga, semakin baik

Banyak orang yang beranggapan kalau olahraga dalam waktu yang lama maka semakin baik untuk tubuh, padahal olahraga ringan selama 30 menit setidaknya lima kali perminggu sudah sangat efektif untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh.

Sebaliknya, olahraga lebih dari 90 menit malah dapat merusak tubuh, hingga menyebabkan cidera otot. Sebenarnya, tidak penting seberapa lama waktu yang dihabiskan Sobat Muda untuk olahraga. Konsistensi adalah kunci utama agar kamu dapat merasakan manfaatnya.

  • Bersakit-sakit dahulu, senang-senang kemudian

Biasanya setelah kita melakukan olahraga berat, keesokan harinya tubuh kita akan bangun dengan rasa nyeri dan pegal di seluruh tubuh. Katanya, rasa sakit yang muncul ini adalah pertanda baik yang artinya olahraga yang kamu lakukan berhasil.

Padahal pada kenyataannya, olahraga idealnya justru tidak membuat kamu menderita setelahnya, rasa sakit setelah berolahraga merupakan peringatan cidera karena kamu melakukan latihan yang berlebihan. Buat Sobat Muda, tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu ekstrem ya!

  • Rajin sit-up supaya perut rata

Katanya, kalau mau mengecilkan perut harus sering sit-up, padahal pada kenyataanya, efek pembakaran lemak perut dari olahraga ini tidaklah terlalu besar. Sit-up sebetulnya termasuk olahraga yang bertujuan meningkatkan massa otot agar lebih kuat.

Sit-up bukanlah satu-satunya olahraga untuk memperkuat bagian perut dan mengecilkan perut. Jadi, Sobat Muda enggak perlu khawatir karena banyak olahraga lain agar perut rata salah satunya dengan melakukan senam perut.

  • Olahraga lari tidak baik untuk lutut

Ada beberapa orang yang takut melakukan olahraga lari karena takut lututnya bermasalah. Padahal, olahraga lari justru membuat tulang dan ligamen kamu semakin kuat dan lebih padat, Selama kamu memiliki kondisi lutut yang normal dan berat badan yang sehat, berlari tidak akan memberikan dampak buruk pada lutut.

Nah, itu dia beberapa mitos yang kita sering dengar tentang olahraga. Semoga setelah baca tips diatas Sobat Muda bisa semakin rajin berolahraga ya! (Sumber: MN)

|

Leave a Reply

W-P-L-O-C-K-E-R-.-C-O-M